Merapikan Thumbnail Berantakan Setelah Ganti Tema

Merapikan Thumbnail Berantakan Setelah Ganti Tema

Ditulis Oleh : Ciuss Creative
Diterbitkan :
Telah dilihat : 304x

Banyak pengguna yang mengeluh tampilan websitenya berantakan setelah mengganti tema, terutama berantakan pada bagian gambar thumbnail / featured image. Ini sudah bukan barang baru lagi namun masih banyak pengguna WordPress yang belum tahu penyebab dan cara mengatasinya. Beberapa beranggapan bahwa tema barunya yang bermasalah atau mungkin di cap sebagai tema ‘jelek’.

Tetapi apa sebenarnya yang terjadi? apa yang menyebabkan tampilan menjadi berantakan setelah mengganti tema lama dengan sebuah tema baru.

Pada dasarnya bukan tema tersebut jelek, bisa jadi justru tema tersebut jauh lebih bagus dan menarik dari tema sebelumnya. Inti masalahnya adalah dari pembuat temanya masing-masing.

WordPress memiliki banyak kode hook untuk pembuat tema dan plugin berkreasi menciptakan tema dan plugin yang unik. Dan juga pada bagaimana cara pembuat tema menyusun layout tema buatannya. Ada developer yang suka menampilkan gambar posisi landscape, ada yang suka kotak, dan ada pula yang suka menampilkan gambar portrait pada temanya.

Seperti juga yang saya lakukan saat membangun sebuah tema, saya menambahkan kode tambahakn untuk membuat wordpress menciptakan gambar baru dengan ukuran tertentu dan mempunyai nama tertentu sesuai yang saya tuliskan dalam kode. Dan disinilah terjawab, mengapa saat ganti tema bisa membuat tampilan berantakan.

Misalkan tema yang di buat teman saya menciptakan gambar thumbnail baru dengan nama ‘portrait’ yang mana gambar ini berukuran 400×600 pixel dan menampilkannya, sedang pada tema yang saya buat saya menciptakan gambar baru bernama ‘landscape’ dengan ukuran 450×300 pixel.

Saat tema diganti tema buatan saya, halaman memanggil gambar dengan kode landscape tetapi dari tema sebelumnya tidak ada gambar dengan kode tersebut maka sistem akan mencari gambar default untuk ditampilkan. Jadi ketika tidak menemukan gambar, sistem akan menampilkan ukuran lain. Hal ini yang menyebabkan tampilan menjadi tidak teratur.

Lalu bagaimana solusinya?

Untuk mengatasi hal tersebut, kita hanya perlu menciptakan gambar dengan ukuran seperti yang ada di tema kita, akan tetapi bukankah kodenya berbeda? Solusinya menggunakan plugin regenerate thumbnail. Plugin ini akan memproses gambar-gambar yang telah ada sebelum mengganti tema dan menciptakan ukuran baru gambar sesuai dengan yang ada di tema baru.

Ada cukup banyak plugin regenerate thumbnail yang bisa digunakan… So jangan bingung lagi kalo ganti tema dan tampilan gambar jadi berantakan.

Ciuss News
TANYA CIUSS TANYA CIUSS
HOSTING MURAH HOSTING MURAH