Mudahnya Membangun Layout Dengan Elementor

Mudahnya Membangun Layout Dengan Elementor

Ditulis Oleh : Ciuss Creative
Diterbitkan :
Telah dilihat : 795x

Kilas balik ke beberapa tahun yang lalu, pengguna WordPress yang lebih banyak menggunakan untuk blogging atau menulis artikel. Input text dan gambar ke dalam tulisan dan menerbitkannya, dan isi adalah fitur standar yang sudah bukan hal baru.

Bergesernya penggunaan WordPress dari sebelumnya hanya untuk blogging menjadi ke fungsi lain seperti web profile dan sebagainya. Ini memunculkan template custom berupa page yang bisa diatur isi kontennya membentuk layout sesuai dengan keinginan. Dan layout ini masih bersifat statis alias berbasis template dan kita hanya bisa replace text dan insert gambar .

Lalu tren berubah dengan support WordPress untuk penggunaan shortcode, dengan ini website menjadi lebih variatif dan mengembangkan ide-ide custom template. Namun perubahan begitu cepat dengan mulai menjamurnya website instant dengan metode pembangun layout yang super cepat yaitu dengan Drag and Drop dan developer theme dan plugin WordPress perlahan mengikuti arus ini dan terciptalah plugin Page Builder.

Dan salah satu plugin Page Builder yang bisa didapatkan secara free adalah Elementor , plugin ini sangat membantu sekali untuk pengguna WordPress yang ingin meng-custom total tampilan halaman websitenya. Menyediakan cukup banyak Element dan bisa menggunakan imajinasi masing-masing pengguna untuk menciptakan tampilan sesuai dengan keinginan.

Namun bagi pemula atau juga bagi yang sudah terbiasa dengan builder sekalipun tetapi malas atau bingung untuk menentukan desain layout, tidak perlu kuatir karena telah tersedia fitur template library dan bisa dipilih dengan banyak model bervariasi.

Dengan plugin Elementor pengguna dapat membangun layout secara live (seperti fitur Customizer bawaan WordPress), dan desain yang dibuatpun tanpa ada batasan, kita bisa berkreasi sepuasnya.

Fitur utama yang ditawarkan adalah Instant Reaction , jadi kita akan menemukan editor di sisi sebelah kiri dan dan tampilan live disisi kanan. Instant Reaction, apa yang kita rubah disisi kiri akan langsung berefek pada layout yang tampil disisi kanan.

Untuk menambahkan element baru dilakukan dengan cara Drag dan Drop dan page load saat transisi perubahan luar biasa cepat. Jadi jika ada yang ingin dirubah karena kurang sesuai dengan keinginan maka kita bisa melakukannya dengan cepat dan melihat preview saat itu juga tanpa perlu melihat preview page seperti saat kita mengedit page atau post standar.

Nah jika masih belum puas dengan element bawaan dari versi free, Elementor menawarkan untuk upgrade ke versi Pro yang tentu lebih komplit untuk pilihan yang jauh banyak dan memikat hati. Pemula pun bisa memiliki tema wordpress dengan layout keren ala professional. Silahkan dicoba… rekomendeasi banget dari Ciuss

 

 

Ciuss News
TANYA CIUSS TANYA CIUSS
HOSTING MURAH HOSTING MURAH