Wordpress Importer, Mudahkan Pindah Konten Antar Wordpress

WordPress Importer, Mudahkan Pindah Konten Antar WordPress

Ditulis Oleh : Ciuss Creative
Diterbitkan :
Telah dilihat : 161x

Untuk seorang developer seperti saya, export dan import konten dari satu web ke web lain merupakan salah satu keharusan. Dan sangat penting keberadaan tool untuk export dan import konten semacam ini yang dapat digunakan untuk melakukan hal tersebut. Beban pekerjaan menjadi berasa lebih ringan.

Sejak secara serius menggeluti pekerjaan sebagai developer tema dan keterbatasan waktu untuk membuat tutorial pengelolaan tema yang saya buat, maka saya memanfaatkan keberadaan dummy konten untuk memudahkan pengguna tema mempelajari pengelolaan tema yang saya buat.

Sebagai contoh, tema gratis untuk web masjid bernama WP Masjid. Keterbatasan waktu membuat saya tidak bisa membuatkan tutorial bagaimana cara mengelola dan input konten untuk WP Masjid. Sebagai gantinya saya mengambil (export) konten dari web demo WP Masjid dan file tersebut dapat di unggah (import) ke website pengguna tema WP Masjid dan dalam sekejab web tersebut sudah penuh dengan konten sama persis dengan konten web aslinya.

CMS WordPress mengijinkan pengguna untuk mengexport kontennya dan menghasilkan sebuah file berekstensi .xml. File hasil export ini dalam ke proses terbalik (import) ke dalam web dengan CMS WordPress lainnya dan menghasilkan duplikasi konten 100% serupa dengan web aslinya.

Adapun plugin yang dapat digunakan untuk proses import ini adalah sebuah plugin bernama WordPress Importer, namun yang perlu diperhatikan agar konten yang terimport dapat sukses semuanya harus memperhatikan tema yang dipakai.

Perlu dicatat bahwa WordPress adalah CMS yang fleksible dan dapat di custom untuk menciptakan konten lain melalui custom post type baik melalui plugin atau theme. Akan lebih mudah jika hanya menggunakan tema standar dan hanya memiliki post_type Post, Page, dan Media, maka dapat menggunakan semua jenis tema standar.

Menjadi berbeda jika pada web inang (objek yang kontennya akan di duplikasi) memiliki post_type tambahan baik berasal dari tema maupun plugin. Maka di web yang akan dijadikan sebagai web duplikasinya wajib memasang theme atau plugin yang sama seperti dari web inang.

Hal ini untuk konten yang gagal di import karena tidak menemukan post_type pada tema di web tujuan yang sama dengan post_type pada web asal. Hasilnya akan banyak pos yang hilang.

 

 

 

Ciuss News
TANYA CIUSS TANYA CIUSS
HOSTING MURAH HOSTING MURAH