WP Multisite, Bangun Komunitas Blogmu Sendiri Dengan Wordpress

WP Multisite, Bangun Komunitas Blogmu Sendiri Dengan WordPress

Ditulis Oleh : Ciuss Creative
Diterbitkan :
Telah dilihat : 119x

Bagi blogger yang ingin memiliki blog sendiri secara gratis, pilihan paling populer adalah membuat blog di layanan gratis yang diberikan oleh Google melalui blogger.com / blogspot.com atau WordPress melalui layanan blog gratis di wordpress.com. Bisa disebut bahwa kedua layanan ini adalah yang paling banyak peminatnya karena menyediakan layanan blog gratis dengan penyimpanan  data yang cukup besar.

Blogger dan WordPress sama memiliki jumlah pengguna yang sangat besar dan menjadi komunitas tersendiri dimana penggunanya juga dapat saling terhubung.

Apakah Anda tertarik untuk memiliki sendiri website komunitas blogger? Saat ini semuanya menjadi mudah jika menggunakan WordPress. Bagaimana caranya?

Sebelum berlanjut, perlu sedikit membaca penjelasan berikut ini. Berbeda dengan blogspot yang tidak menyediakan versi mandiri, WordPress selain memiliki versi terpisah yang bisa di unduh dan diinstal sendiri oleh pengguna dan dikelola secara penuh. Ini adalah kelebihan utama dari WordPress yang saat ini telah menjelma sebagai salah satu CMS terpopuler dan memiliki pengguna jutaan diseluruh dunia.

Dengan versi mandiri ini, kita dapat memiliki sendiri sebuah website yang tidak terikat kemanapun, semua dapat diatur dan dikelola 100% oleh perorangan. Termasuk bisa memodifikasi atau memanipulasi kode-kode didalamnya sesuai kebutuhan.

WordPress mandiri dapat digunakan sendiri dan dalah dijadikan sebagai blog komunitas dengan membuka pendaftaran member yang akan menjadi penulis blog. Dan lebih jauh lagi jika menginginkan blog seperti blogspot.com atau wordpress.com maka kita dapat merubahnya dengan sangat mudah.

WordPress dapat disulap menjadi sebuah multisite, yaitu sebuah web yang di dalamnya terdapat banyak web lainnya dan masing-masing dapat ditetapkan administrator sendiri. Mirip sekali dengan sistem di wordpress.com dan dapat disebut juga bahwa multisite adalah bentuk lain dari wordpress.com tetapi yang dapat dikelola sendiri.

Administrator utama disebut juga sebagai Administrator Jaringan dapat mengontrol semua situs, termasuk menambahkan situs baru dan menghapus situs yang telah ada. Lalu mengatur penggunaan dan pengelolaan theme dan plugin yang nantinya dapat digunakan oleh masing-masing situs.

Lalu ada Administrator Situs, ini sama dengan Administrator pada WordPress biasa tetapi yang perlu dicatat adalah di dalam sebuah multisite mereka tidak memiliki kapasitas untuk menambah (upload) theme ataupun plugin. Ini termasuk bentuk pengamanan website dari file-file berbahaya yang mungkin di-upload oleh Administrator Situs ke jalam jaringan.

Siap membangun komunitas blog dengan Multisite?

 

Ciuss News
TANYA CIUSS TANYA CIUSS
HOSTING MURAH HOSTING MURAH