Artikel Bebas

Artikel : Memahami INCOTERMS dalam Perdagangan Internasional

Terbit : 27 Sep 2023 - Dibaca : 195x
Tema WordPress Indonesia

Perdagangan internasional baik ekspor maupun impor memainkan peran penting dalam ekonomi global, mendorong pertumbuhan ekonomi, diversifikasi, dan pertukaran barang dan jasa antar negara. Untuk memfasilitasi transaksi ini dan memastikan kejelasan dalam perjanjian kontrak, International Chamber of Commerce (ICC) memperkenalkan INCOTERMS, singkatan dari “International Commercial Terms”. INCOTERMS adalah sejumlah standar istilah perdagangan internasional yang mendefinisikan tanggung jawab dan kewajiban pembeli dan penjual dalam penjualan barang, menjelaskan titik di mana risiko dan biaya dialihkan dari penjual ke pembeli.

Sejarah dan Tujuan INCOTERMS

INCOTERMS pertama kali diperkenalkan pada tahun 1936 dan telah mengalami beberapa revisi untuk menyesuaikan dengan praktik perdagangan global yang berubah. Versi terbaru, INCOTERMS 2020, adalah set istilah perdagangan yang paling banyak digunakan dan diakui secara global. Tujuan utama INCOTERMS adalah memfasilitasi perdagangan internasional yang lancar dengan membentuk bahasa dan kerangka kerja yang umum.

Mengapa INCOTERMS Penting

  1. Definisi Kewajiban: INCOTERMS membantu menguraikan dengan jelas kewajiban penjual dan pembeli dalam suatu transaksi. Ini mencakup tanggung jawab terkait pengiriman barang, biaya pengiriman, asuransi, dan risiko.
  2. Pengaturan Biaya: Dengan memahami INCOTERMS yang digunakan dalam kontrak perdagangan, kedua pihak dapat menghitung biaya secara lebih akurat. Ini membantu menghindari ketidaksepahaman dan perselisihan yang mungkin timbul selama proses transaksi.
  3. Penentuan Poin Risiko: INCOTERMS menentukan pada titik mana risiko barang berpindah dari penjual ke pembeli. Ini penting dalam hal asuransi dan pemilihan jalur pengiriman.
  4. Kejelasan Pengiriman: Setiap INCOTERM mengatur tempat pengambilan barang, tempat pengiriman, dan metode pengangkutan. Hal ini memastikan bahwa semua pihak terlibat memahami proses pengiriman dengan baik.

INCOTERMS 2020: Penjelasan Singkat

  1. EXW (Ex Works – di Pabrik): Penjual hanya bertanggung jawab untuk menyiapkan barang di pabrik. Pembeli mengambil semua risiko dan biaya setelah itu.
  2. FCA (Free Carrier – Bebas Pemberhentian): Penjual bertanggung jawab untuk mengirim barang ke pemberhentian yang ditentukan, tetapi risiko berpindah ke pembeli saat barang diserahkan kepada pengangkutan.
  3. CPT (Carriage Paid To – Angkutan Dibayar Hingga): Penjual mengurus pengiriman barang ke tempat tujuan yang disepakati, tetapi risiko berpindah ke pembeli pada saat pengiriman.
  4. CIP (Carriage and Insurance Paid To – Angkutan dan Asuransi Dibayar Hingga): Seperti CPT, tetapi penjual juga harus mengasuransikan barang selama pengiriman.
  5. DAP (Delivered at Place – Dikirim ke Tempat): Penjual mengirimkan barang ke tempat tujuan yang disepakati dan bertanggung jawab untuk semua biaya dan risiko hingga barang tiba di sana.
  6. DDP (Delivered Duty Paid – Dikirim Bea Masuk Dibayar): Penjual bertanggung jawab atas pengiriman, biaya, dan risiko hingga barang tiba di tempat tujuan dengan bea masuk dibayar.

Pentingnya Memilih INCOTERMS Yang Tepat

Pemilihan INCOTERMS yang tepat sangat penting dalam perdagangan internasional. Kesalahan dalam memilih INCOTERMS dapat mengakibatkan biaya tambahan, perselisihan, atau risiko yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, penting bagi penjual dan pembeli untuk memahami persyaratan dan implikasi setiap INCOTERM yang mereka gunakan dalam kontrak mereka.

INCOTERMS adalah alat penting dalam perdagangan internasional yang membantu menentukan tanggung jawab, biaya, dan risiko dalam transaksi. Dengan pemahaman yang baik tentang INCOTERMS, pelaku bisnis dapat menjalani proses perdagangan internasional dengan lebih efisien dan menghindari masalah yang dapat timbul akibat ketidakjelasan atau ketidaktahuan. Dalam dunia perdagangan global yang semakin kompleks, INCOTERMS memainkan peran penting dalam memastikan kelancaran dan keberhasilan transaksi internasional.