Peluang
Ciuss Creative
25 Sep 2023 - 8 min

Belajar Cara Ternak Ayam Petelur – Peluang Usaha Ternak

Berternak ayam petelur. Pelajari cara ternak ayam petelur dan semua hal yang berhubungan tentang ayam petelur di sini secara lengkap. Peluang usaha yang mungkin cocok untuk Anda lakukan dan jalani. Anda bisa menjadikan ini sabagai salah satu usaha rumahan. Dan sesuai dengan tema tersebut maka yang akan dibahas dihalaman ini adalah cara beternak ayam petelur rumahan dan segala sesuatu yang berhubungan dengannya.

Sebelum melanjutkan ke cara ternak ayam petelur, sebelumnya kita kenali dulu objek kita kali ini yaitu sang ayam petelur

Tentang Ayam Petelur

peluang ternak ayam petelur

Photo by Alexas Fotos: https://www.pexels.com/photo/flock-of-hens-on-green-field-2255459/

Telur ayam adalah salah satu sumber protein yang sangat baik untuk dikonsumsi sehari-hari, usaha bisnis telur ayam juga menjanjikan dan tingkat permintaan perharinya sangat tinggi. Telur ayam sangat praktis disajikan untuk menjadi lauk makan seperti dengan cara digoreng atau direbut saja sudah bisa dimakan. Tingginya tingkat permintaan kebutuhan telur adalah tantangan bagi peternakan peternakan ayam petelur dan para pelaku ternak ayam petelur sebagai penghasil untuk bisa menyuplai dan mencukupi kebutuhan tersebut.

Bagi yang baru tertarik dengan bisnis ternak ayam petelur, Anda juga bisa segera memulainya sekarang. Tetapi apakah Anda sudah mengerti tentang cara-cara pemeliharaan dan budidaya ayam petelur yang baik dan benar?. Fokus pada peluang usaha ternak ayam petelur sesuai ke tema yang sedang dibahas yaitu cara ternak ayam petelur. Menyiapkan sendiri sebuah sebuah peternakan ayam petelur bisa dilakukan dengan syarat memahami ilmu dan tata cara dalam budidaya ayam petelur ini.

Belajar Cara Ternak Ayam Petelur

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memulai memelihara ayam petelur, setidaknya kita harus punya bagian bagian pentingnya untuk melancarkan usaha bisnis ayam petelur tersebut.

1. Kandang Ayam Petelur

pembuatan kandang ayam petelur, bentuk kandang ayam petelur, gambar kandang ayam petelur, seputar kandang ayam petelur

Langkah awal dari budidaya ayam petelur tentu saja adalah mempersiapkan sebuah tempat yang akan dijadikan tempat ayam-ayam berada nantinya. Kita membutuhkan sebuah kandang untuk ayam ayam, jadi yang paling awal adalah siapkan terlebih dahulu kandang ayam petelur.

Sebuah kandang ayam petelur akan dilengkapi dengan berbagai hal pendukung yang dipakai untuk memudahkan segala aktifitas pemilik saat mengurusi dan untuk memanen telur telur ayam tersebut nanti.

Apa saja peralatan atau kelengkapan kandang ayam petelur yang perlu disiapkan? Karena usaha Anda ini berorientasi bisnis maka yang pasti Anda ingin keuntungan yang banyak dan besar dari usaha bisnis ayam petelur ini bukan? Jadi mempersiapkan segala sesuatu yang akan digunakan adalah hal yang wajib di perhatikan.

Pembuatan kandang ayam yang bagus khusus untuk ayam petelur adalah memperhatikan agar memudahkan proses pengumpulan telur dan pembuangan kotoran. Dan jenis kandang yang paling cocok adalah kandang ayam dengan sistem panggung.

Untuk para peternak pemula dan dengan modal awal yang tidak besar maka pembuatan kandang ayam juga harus disesuaikan, cara tersebut contohnya adalah dengan membuat kandang ayam sendiri dengan menggunakan bahan bahan utama seperti bambu dan kayu. Bentuk kandang yang bisa dibuat kurang lebih seperti dibawah ini. Bisa hanya menggunakan satu tingkat saja atau beberapa tingkat. Kandang ayam jenis ini disebut Kandang Battery atau Kandang Batere.

Kandang Battery / Kandang Batere

Kandang ayam jenis Battery ini adalah jenis kandang ayam yang sangat populer, jenis modern dari kandang battery / kandang batere dibuat dengan berbahan kawat. Desain kandang battery / kandang batere yang dibuat dengan sekat sekat kecil yang nantinya sebagai tempat ayam ayam tersebut berada.

Pembuatan kandang ayam berbentuk panggung dimaksudkan untuk mempermudah saat pemanenan atau pengambilan telur , karena telurnya tidak akan tercecer kemana-mana. Kandang battery / kandang batere dibuat dengn lantai yang melandai dengan sedikit kemiringan kearah depan dan berujung pada bagian depan (luar) kandang. Ini membuat telur ayam akan menggelinding dan berkumpul di depan dan memudahkan pemilik untuk memungutnya.

Berbeda dengan ayam yang dibuatkan tempat terbuka dan bukan dalam kandang. Kemungkinan telurnya akan tersebar dan kadang juga tersembunyi. Dengan posisi lantai panggung miring beberapa derajat saja yang fungsinya mengalirkan telur telur yang telah keluar dan akan menggelinding pelan ke arah bawah dan keluar ke bagian penampung telur disebelah depan. Cara ternak ayam petelur sistem panggung ini saat ini sudah diterapkan secara modern lagi dengan diproduksinya kandang battery yang dibuat dari kawat, intinya sama tetapi cara ternak ayam cara ini jelas lebih butuh modal besar karena kandang kandang modern tersebut dijual dengan harga lumayan mahal dibanding cara ternak ayam biasa yang membangun kandang sendiri dari bambu.

Umumnya kandang panggung jenis battery / batere dibuat bertingkat maka posisi kandang yang diatas tidak boleh pas diatas kandang yang ada dibawahnya tetapi seperti sebuah tangga yang undakan berikutnya berada diujung undakan bawahnya. Ini dimaksudkan agar kotoran ayam tidak jatuh menimpa ayam ayam yang ada dibawahnya dan langsung jatuh kebawah yang biasanya sudah disiapkan dengan posisi tempat yang memudahkan untuk membersihkan kotoran kotoran ayam tersebut. Ayam ayam akan tetap bersih dan tentunya menjaga kesehatan ayam petelur dari penyakit karena kotoran mereka sendiri dan telur telurnya juga bersih. Peternak ayam petelur tidak terlalu direpotkan dengan melakukan pembersihan pada telur telur tersebut karena tidak terkena otoran ayam.

Berikut contoh bentuk kandang jadi dengan bentuk seperti rangka kandang panggung diatas.

Perhatikan pada gambar atas dan bawah ini, pada bagian bawah adalah tempat makanan ayam petelur yang berbentuk setengah lingkaran dan memanjang sepanjang kandang, di sebelah atasnya adalah tempat minum untuk ayam tersebut, posisinya berada di jangkauan ayam dalam posisi kepala tegak untuk minum dan untuk makanan agak dibawah sehingga ayam ayam akan makan dengan posisi seperti membungkuk.

Posisi tempat air minum diletakkan diatas dimaksudkan agar air tidak terkotori oleh makanan ayam, jika makanan posisi diatas maka saat makan makanan yang lepas dari mulut ayam akan terjatuh ke bawah dan mengotori air minum ayam tersebut.

2. Persiapan Bibit Ayam Petelur

bibit ayam petelur unggul, memilih bibit ayam petelur, jenis jenis ayam petelur unggul, mengenal ayam petelur unggul

Untuk yang sudah lama menjalankan usaha, mereka mengenal ada dua macam bibit ayam petelur yang dibudidayakan. Yang pertama ayam jenis gemuk dan berat atau disebut ayam Medium dan ayam jenis kedua adalah ayam petelur putih. Beberapa jenis ayam petelur bisa memenuhi produksi telur hingga 300 butir pertahunnya.

Ayam jenis Putih memiliki bobot yang ringan karena bentuk badannya lebih kurus atau ramping, sebagai jenis ayam petelur tentu saja ia mampu menghasilkan telur yang cukup banyak tetapi sayangnya ayam jenis ini sensitif dengan keributan. Ia mudah kaget dan stress sehingga produksinya telurnya kemudian akan menurun. Contoh ayam petelur putih adalah ayam Leghorn

Ayam jenis Medium lebih bandel, selain badannya yang gemuk berisi ia juga memproduksi telur dalam jumlah yang banyak.

Apa saja yang harus diperhatikan dalam memilih jenis ayam petelur ini? Jika ingin bisnis ayam petelur Anda maju maka memilih jenis ayamnya pun harus dilakukan dengan pintar. Tentu yang diinginkan adalah jenis ayam yang mampu memproduksi telur dengan tingkat yang tinggi. Ada beberapa jenis ayam yang mampu bertelur hingga 300an butir dalam satu tahun, ayam ayam jenis inilah yang bisa dipilih tetapi ada faktor faktor lain yang tidak kalah penting.

Berikut adalah beberapa point pentingnya:
Pilihkan ayam petelur yang sehat dan tidak memiliki cacat fisik
Jika memelihara dari kecil maka pilih yang pertumbuhan dan perkembangan normal
Gunakan ayam petelur yang berasal dari bibit yang unggul artinya dari jenis jenis yang bagus dan produktif serta tahan penyakit

Ayam Warna Tipe Telur Ransum
Babcock B-300 putih ringan 270 1,82
Babcock B 380 cokelat dwiguna 260-275 1,9
Dekalb Xl-Link putih ringan 255-280 1,8-2,0
Hisex brown cokelat dwiguna 272 1,98
Hisex white putih ringan 288 1,89
H & W nick putih ringan 272 1,7-1,9
Hubbarb leghorn putih ringan 260 1,8-1,86
Ross white putih ringan 275 1,9
Ross Brown cokelat dwiguna 270 2,0
Shaver S 288 putih ringan 280 1,7-1,9
Shaver star cross 579 cokelat dwiguna 265 2,0-2,08
Hubbarb golden cornet cokelat dwiguna 260 1,24-1,3

Itulah tulisan seputar ternak ayam petelur… semoga bermanfaat untuk pembaca blog ini yang sedang mencari informasi

3. Nutrisi dan Pemberian Makan

Ayam petelur memerlukan nutrisi yang tepat untuk menghasilkan telur dengan kualitas baik. Berikan pakan yang seimbang, mengandung protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral yang diperlukan. Anda dapat membeli pakan komersial yang sudah disesuaikan untuk ayam petelur atau membuat campuran pakan sendiri. Pastikan juga selalu menyediakan air bersih untuk ayam.

4. Manajemen Kesehatan Ayam

Kesehatan ayam adalah kunci keberhasilan dalam beternak ayam petelur. Selalu perhatikan tanda-tanda penyakit seperti penurunan produksi telur, perubahan perilaku, atau gejala kesehatan lainnya. Segera isolasi ayam yang sakit dan konsultasikan dengan seorang dokter hewan jika diperlukan. Vaksinasi rutin juga diperlukan untuk mencegah penyakit yang umumnya menyerang ayam petelur.

5. Pengaturan Pencahayaan

Pencahayaan berperan penting dalam mengatur siklus bertelur ayam petelur. Pastikan kandang dilengkapi dengan pencahayaan yang cukup. Saat ayam menerima 14 hingga 16 jam cahaya setiap hari, mereka akan memiliki produksi telur yang stabil. Anda dapat menggunakan lampu buatan untuk mengatur pencahayaan jika diperlukan.

6. Pengelolaan Populasi Ayam

Pengelolaan populasi ayam petelur melibatkan pemeliharaan siklus produktivitas. Biasanya, ayam akan mulai bertelur pada usia sekitar 5 hingga 6 bulan dan akan memproduksi telur secara optimal selama 1-2 tahun. Setelah itu, produktivitas mereka akan mulai menurun. Anda bisa memutuskan apakah akan memperpanjang siklus produksi atau mengganti ayam yang sudah tua dengan yang baru.

7. Pemantauan Produksi Telur

Pantau produksi telur secara berkala dan catat jumlah telur yang dihasilkan oleh setiap ayam. Hal ini akan membantu Anda mengidentifikasi ayam yang paling produktif dan mengambil tindakan jika ada penurunan produksi yang tidak wajar.

Beternak ayam petelur dapat menjadi usaha yang menguntungkan jika dilakukan dengan baik. Memilih jenis ayam yang sesuai, memberikan perawatan yang baik, dan mengelola populasi dengan bijak adalah kunci sukses dalam beternak ayam petelur. Dengan perhatian yang cermat terhadap nutrisi, kesehatan, dan lingkungan hidup ayam, Anda dapat menikmati manfaat dari telur yang berkualitas tinggi dan potensi pendapatan yang stabil. Ingatlah bahwa beternak ayam petelur memerlukan komitmen dan kerja keras, tetapi dengan tekad dan pengetahuan yang tepat, Anda dapat mencapai kesuksesan dalam dunia peternakan ayam.