Bisnis
Ciuss Creative
27 Sep 2023 - 4 min

Sekarang Belajar Ekspor Semakin Mudah, Belajar Yuk

Apakah Anda tertarik untuk memperluas bisnis Anda melalui ekspor? Nyatanya sekarang belajar ekspor itu rasanya jadi jauh lebih mudah dengan adanya berbagai bimbingan dari para profesional dan pelaku ekspor yang memahami seluk-beluk dunia ekspor, mengatasi hambatan yang mungkin Anda hadapi, dan menciptakan peluang bisnis internasional yang menguntungkan.

Photo by Chanaka: https://www.pexels.com/photo/cargo-container-lot-906494/

Apa Makna Dari Ekspor?

Ekspor adalah proses kegiatan menjual barang, produk, atau layanan dari suatu negara kepada pihak di negara lain yang lebih spesifiknya dari dalam negeri ke luar negeri. Ekspor merupakan aktivitas perdagangan internasional di mana barang atau layanan yang diproduksi di suatu negara dikirim ke negara lain untuk dijual kepada konsumen atau bisnis di negara tujuan. Ekspor merupakan bagian integral dari perdagangan internasional dan merupakan komponen penting dalam perekonomian global.

Mengapa Anda Harus Belajar Ekspor?

Ekspor adalah langkah logis bagi perusahaan yang ingin tumbuh dan berkembang. Dengan belajar ekspor, Anda akan:

  1. Membuka Pasar Baru: Ekspor memungkinkan Anda untuk menjual produk ke pasar internasional yang jangkauannya jauh lebih besar daripada hanya di pasar domestik.
  2. Diversifikasi Pendapatan: Mengandalkan pasar domestik saja bisa berisiko karean tingkat persaingan yang ketat sehingga kalah bersaing. Dengan ekspor, Anda dapat mengurangi risiko dengan mendiversifikasi sumber pendapatan Anda.
  3. Meningkatkan Reputasi: Ekspor dapat menambah citra positif kepada bisnis dan juga secara lebih luas akan meningkatkan reputasi di pasar internasional.
  4. Pengembangan Keterampilan: Belajar ekspor dapat membantu dalam hal mengembangkan keterampilan yang berharga yang berkaitan dengan manajemen risiko, strategi pemasaran, dan negosiasi internasional.
  5. Keuntungan Kompetitif: Berkompetisi di pasar internasional secara tidak langsung akan memaksa perusahaan untuk menjadi lebih efisien dalam segala aspek dan jauh lebih kompetitif. Hal ini dapat berefek dengan peningkatan daya saing perusahaan secara keseluruhan.
  6. Pengetahuan Pasar Global: Belajar tentang ekspor membantu perusahaan memahami seluk beluk pasar global, budaya dinegara lain, dan tren yang sedang berjalan diberbagai belahan dunia. Ini adalah pengetahuan yang sangat berharga untuk pengambilan keputusan bisnis.
  7. Kontribusi Terhadap Perdagangan Luar Negeri: Ekspor juga memiliki dampak positif pada perdagangan luar negeri suatu negara. Dengan meningkatkan ekspor, negara dapat meningkatkan neraca perdagangan dan mengurangi defisit.
  8. Kemitraan Internasional: Melalui ekspor, perusahaan dapat membangun hubungan bisnis internasional yang kuat dan kemitraan strategis dengan perusahaan asing. Hal ini tentunya kan berimbas dapat membawa manfaat jangka panjang.
  9. Pengembangan Kemampuan Manajerial: Membawa bisnis ke pasar internasional memerlukan keterampilan manajemen yang lebih tinggi, seperti manajemen risiko, keuangan internasional, dan manajemen rantai pasokan global. Belajar tentang ekspor dapat membantu dalam pengembangan kemampuan ini.

Pahami Peraturan Ekspor

Peraturan ekspor di Indonesia diatur oleh beberapa lembaga dan peraturan yang berbeda. Berikut intisari peraturan ekspor di Indonesia yang umumnya berlaku:

  1. Izin Ekspor: Untuk melakukan ekspor barang dari Indonesia, perusahaan perlu mendapatkan izin ekspor yang dikeluarkan oleh Kementerian Perdagangan atau instansi terkait. Izin ini mencakup jenis barang yang dapat diekspor, jumlahnya, dan tujuan ekspor.
  2. Dokumen Ekspor: Beberapa dokumen penting yang harus disiapkan untuk proses ekspor meliputi faktur komersial, packing list, surat keterangan asal barang (SKAB), sertifikat karantina (untuk barang tertentu), dan dokumen keuangan terkait.
  3. Tarif Bea Keluar: Barang yang diekspor dari Indonesia mungkin dikenakan tarif bea keluar (export duty) tergantung pada jenis barang dan kebijakan pemerintah saat itu. Tarif ini bisa berubah seiring waktu.
  4. Izin Khusus: Beberapa barang tertentu memerlukan izin khusus, seperti barang yang terkait dengan pertahanan, energi nuklir, atau bahan berbahaya. Izin khusus ini harus diperoleh sebelum ekspor.
  5. Pengawasan Mutu: Beberapa produk tertentu perlu memenuhi standar mutu dan keamanan tertentu yang ditetapkan oleh Badan Standardisasi Nasional (BSN) atau instansi terkait.
  6. Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dan Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM): Terkadang, PPN dan PPnBM mungkin berlaku untuk ekspor, tetapi dapat dikembalikan atau dibebaskan tergantung pada peraturan yang berlaku.
  7. Pengendalian Ekspor: Beberapa barang tertentu dapat dikenakan pembatasan ekspor atau larangan ekspor untuk tujuan keamanan nasional atau untuk menjaga ketersediaan barang di dalam negeri.
  8. Dokumen Keamanan: Untuk keperluan keamanan, dokumen ekspor seperti Shipping Instruction dan Bill of Lading harus disiapkan dengan cermat.
  9. Larangan Ekspor: Beberapa barang seperti arkeologi, flora dan fauna yang dilindungi, senjata api, obat-obatan terbatas, dan lainnya dapat dilarang untuk diekspor.
  10. Peraturan Negara Tujuan: Selain aturan ekspor Indonesia, perusahaan perlu mematuhi aturan impor negara tujuan ekspor mereka. Ini dapat mencakup peraturan tarif, standar mutu, dan dokumen impor.
  11. Ketentuan Khusus: Setiap jenis barang ekspor mungkin memiliki ketentuan khusus yang harus dipatuhi, seperti peraturan ekspor produk pertanian atau peraturan ekspor produk hortikultura.

Yuk Belajar Ekspor Pada Ahlinya

Belajar tentang ekspor dari ahlinya adalah langkah yang sangat bijak. Ahli ekspor akan dapat memberikan panduan yang lebih mendalam dan praktis serta wawasan yang berguna dalam mengembangkan bisnis ekspor Anda. Berikut adalah beberapa langkah untuk belajar tentang ekspor dari ahlinya.

Temukan Mentor atau Konsultan Ekspor. Cari mentor yang memiliki pengalaman luas dalam bidang ekspor atau konsultan ekspor yang dapat membimbing Anda melalui proses ekspor. Konsultan ekspor dapat membantu Anda memahami peraturan, prosedur, dan strategi bisnis yang tepat untuk ekspor. KLIK GAMBAR DIBAWAH